Cara Backup ROM Dengan Sp Flash Tool Mudah

Sebelumnya kita telah membahas cara mudah untuk melakukan backup data android tanpa root. Sementara kali ini kami akan menampilkan cara backup ROM dengan Sp Flash Tool mudah. Dengan melakukan cara tersebut, smartphone yang Anda miliki pun bisa bekerja secara lebih optimal.

Jadi untuk Anda yang ingin mengoptimalkan kinerja smartphone yang Anda miliki, maka Anda bisa mempelajari cara backup ROM dengan Sp Flash Tool mudah berikut ini.

Cara Backup ROM Dengan Sp Flash Tool Mudah

Untuk membackup ROM dengan menggunakan Sp Flash Tool, Anda perlu menyiapkan beberapa tool seperti MTK Droid Tools, ADB Driver dan tentu saja SP Flash Tool. Jika Anda sudah mendapatkan ketiga tool tersebut, maka Anda hanya tinggal mengikuti langkah-langkah berikut.

Langkah pertama, ubah smartphone menjadi mode debugging dan sambungkan pada komputer. Caranya masuk ke menu pengaturan dan pilih opsi pengembang. Setelah itu centang USB Debugging.

Jalankan MTK Droid Tools pada komputer yang Anda miliki dan pilih menu Block map. Tekan Create Scatter File lalu pilih salah satu folder untuk dijadikan sebagai ruang penyimpanan. Setelah itu lepas smartphone android dari komputer.

Membuat Backup ROM

Jalankan SP Flash Tool dan pilih folder Scatter loading. Setelah itu buka file Scatter file yang telah Anda buat. Pilihlah Read Back yang berada di PageSpare lalu klik menu ADD. Setelah itu tekan dua kali pada 0x000000 dan simpan dengan menggunakan nama ROM_0. Terakhir, tekan pada menu Readback.

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, Anda bisa menyambungkan kembali smartphone yang Anda miliki ke komputer. Pastikan smartphone dalam keadaan mati.

Tunggu hingga prosesnya selesai. Setelah muncul tanda hijau, Anda bisa melepas smartphone android tersebut.

Nyalakan kembali smartphone android yang Anda miliki dan sambungkan kembali ke computer. Setelah itu jalankan MTK Droid Tools di komputer. Pilihlah tab root, kemudian backup dan recovery, lalu tekan to process file ROM_from plash tool. Langkah terakhir, cari file ROM_0 yang telah disimpan sebelumnya dan buka file tersebut.

Nantinya akan terdapat tampilan task is complete saat proses pemindahan file tersebut selesai. File pun akan tersimpan di komputer dengan nama /MTKDroidtools/backups/ini.

cara backup rom dengan sp flashtool, cara backup firmware dengan flashtool, Cara backup dengan sp flashtool, cara backup rom via flashtool, cara backup rom oppo f1s, backup rom sp flash tool, backup rom lewat flash tool, backup rom flastool, membackup rom pakai flashtool, backup firmware lenovo lewat sp flashtool