Ini Dia Perbedaan SSD Dan HHDD Yang Belum Di Ketahui

Tentunya Anda sudah mengetahui bahwa semua komputer telah dilengkapi dengan media penyimpanan. Dengan media tersebut, Anda bisa menyimpan berbagai macam data.

Saat ini ada banyak orang yang sudah familiar dengan media penyimpanan Hard Disk Drive atau HDD. Perangkat keras tersebut bisa Anda temukan di hampir semua perangkat komputer atau laptop. Tetapi bagaimana dengan media penyimpanan Solid-state Drive atau SSD?

Ini Dia Perbedaan SSD Dan HDD Yang Belum Di Ketahui

Hard Disk Drive dan Solid-state Drive sebenarnya memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk menyimpan data. HDD (Hard Disk Drive) sendiri merupakan media penyimpanan standar yang biasanya digunakan pada komputer atau laptop. Perangkat keras ini pun dapat menyimpan data secara permanen. Dengan demikian, meski komputer telah dimatikan, data yang telah disimpan masih dapat diakses kembali karena telah tersimpan di Hard Disk Drive.

Ciri khas Hard Disk Drive terdapat pada bagian dalamnya dimana dibagian tersebut terdapat disk berbentuk cakram yang dapat diputar secara mekanis.

Sementara itu untuk SSD (Solid State Drive) sendiri, perangka ini memiliki banyak kemiripan dengan Hard Disk Drive. Hanya saja tidak seperti Hard Disk Drive yang menggunakan disk berbentuk cakram, media penyimpanan dengan teknologi terbaru ini memakai sistem state-disk sehingga tidak mengeluarkan suara bising. Selain itu, SDD juga lebih tahan terhadap guncangan dan tidak menghasilkan panas berlebih.

Selain beberapa perbedaan di atas, ada perbedaan lain antara SSD Dan HDD yang mungkin belum di ketahui oleh pembaca, seperti :

  • HDD umumnya digunakan pada komputer desktop, sementara SSD kebanyakan digunakan pada laptop dan tablet.
  • HDD memiliki bobot yang lebih berat jika dibandingkan dengan SSD. Ini karena HDD memang menggunakan komponen-komponen yang lebih kompleks.
  • Jika HDD bekerja secara elektris dan mekanis, maka SSD bekerja hanya dengan memakai prinsip elektris.
  • Jika berbicara mengenai kecepatan pembacaan dan penulisan data, maka SSD memiliki kecepatan yang delapan kali lebih baik dibanding HDD.
  • Beberapa masalah yang biasa terjadi pada HDD, seperti panas yang berlebih dan suara bising tidak akan ditemui jika menggunakan SSD. Selain itu, data pada SSD juga terbilang lebih aman karena tidak berpotensi mengalami masalah fragmentasi atau terpencarnya data.
  • Dengan menggunakan SSD, komputer pun akan lebih hemat daya listrik.
  • Namun meski terbilang lebih unggul, saat ini harga SSD jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan HDD.