Cara Mudah Membuat Halaman Berbeda Pada Satu File Microsoft Word

Bagi Anda yang suka menulis di Microsoft Word tentunya sudah paham betul mengenai hal apa saja yang akan kami bahas. Namun bagi pembaca yang belum mengetahui cara membuat halaman berbeda pada satu file Microsoft word, Anda bisa mempelajarinya melalui artikel ini.

Biasanya untuk membuat sebuah dokumen dengan jenis halaman yang berbeda, maka kita akan membaginya ke dalam beberapa file, seperti file untuk halaman sampul, file yang menggunakan penomoran angka standar dan file dengan nomor angka romawi.

Cara Mudah Membuat Halaman Berbeda Pada Satu File Microsoft Word

Namun sebenarnya kita dapat menjadikan file tersebut menjadi satu file saja. Hanya saja untuk membuat file yang terdiri dari halaman dengan nomor angka standart dan nomor romawi, kita harus membuat section break.

Untuk caranya sendiri, Anda bisa mengikuti cara mudah membuat halaman berbeda pada satu file Microsoft Word berikut.

  • Untuk membuat halaman dengan nomor romawi seperti halaman judul dan kata pengantar, Anda bisa mengklik insert. Pada group menu Header&Footer, pilihlah Page Number. Setelah itu pilih Bottom of Page lalu pilih Plain number 2.
  • Nantinya pada halaman judul akan terlihat nomor 1 sebagai nomor halaman tersebut. Nah jika Anda ingin merubah angka standar ke angka romawi, Anda hanya perlu mengklik Page Number setelah itu pilih saja Format Page Numbers.
  • Pada menu tersebut, pilih i,ii,iii,….. Setelah itu klik OK. Dengan demikian, nomor halaman pun akan berubah menjadi angka romawi yang dimulai dari i, ii dan seterusnya.
  • Sementara itu untuk membuat halaman lain dengan angka standart yang dimulai dari angka 1, Anda bisa membuat section break dengan meletakan kursor pada halaman tertentu yang ingin Anda rubah nomor halamannya.
  • Klik Ribbon Page Layout. Setelah itu klik Breaks yang berada di group menu Page Setup dan pilih Next page. Setelah melakukan langkah-langkah tersebut, new section break pun akan terbentuk.
  • Doble klik pada Footer atau nomor halaman. Kemudian lihat menu design dan nonaktifkan tombol Link to Previous yang berada di group menu Navigation.
  • Hapus nomor halaman yang telah Anda pilih dan pilih group menu Header&Footer. Setelah itu klik Page Number dan pilih Format Page Numbers
  • Rubah dari i,ii,iii,…. Menjadi 1,2,3,…… Sementara pada  pilihan Start At, masukan angka 1 dan klik OK. Dengan begitu halaman dokumen pun akan berubah.