Cara Pasang Custom ROM dengan ROM Manager

Cara Pasang Custom ROM – Pada awal saya mengenal smartphone Android yang saya miliki ialah Samsung Galaxy Young. Handphone Samsung Galaxy Young sendiri merupakan ponsel low-end yang memiliki banyak sekali castom room, karena memiliki banyak pilihan custom ROM maka saya pun banyak menginstall berbagai macam kastem ROM dalam ponsel Samsung Galaxy Young saya tersebut.

Cara Pasang Custom ROM

Saya dulu memakai cara yang cukup menyulitkan karena menggunakan cara manual yakni melalui system recovery yang ternyata Jika ditinjau dari keamanan cara tersebut bisa berpengaruh terhadap sistem Android yang bisa menyebabkan bootloop apabila terjadi kesalahan.

Nah sekarang ini saya akan mencoba berbagi cara mudah dan aman untuk kita bisa menginstal custom ROM dalam smartphone Android. Cara ini saya katakan aman karena hanya memakai alternatif berupa aplikasi bernama Rom Manager. Jika anda ke Google Playstore pastilah anda akan mengetahui aplikasi ini.

Rom Manager adalah tool yang memang dibuat khusus untuk melakukan install custom ROM dalam smartphone Android, keunggulannya sudah banyak dirasakan oleh pemakai Android bukan hanya dari tanah air namun seluruh dunia. Aplikasi ini pun bisa berjalan dengan memakai sistem operasi OS Android minimal versi 2.2, oleh karenanya tidak heran jika semua ponsel Android yang berada di pasaran saat ini akan suporter hadap aplikasi tersebut.

Pada kesempatan yang lalu saya juga berjanji kepada Anda untuk menyajikan cara mudah menginstal custom ROM menggunakan aplikasi Rom Manager, nah Jika anda sudah siap maka kita langsung saja untuk melakukan install custom ROM memakai aplikasi Rom Manager pada ponsel Android Anda masing-masing, perhatikan caranya dengan seksama di bawah ini.

1. Untuk yang pertama tentunya siapkan terlebih dahulu aplikasi Rom Manager dengan mendownloadnya di Google Play Store.

2. Langkah kedua jalankan aplikasi Rom Manager dan pada menu utama tekan flash ClockworkMod Recovery.

3. Selanjutnya anda akan dimintai mengkonfirmasi model dari smartphone Android yang anda miliki saat ini. Pilih model smartphone yang Anda gunakan saat ini dan secara otomatis ponsel akan reboot dan Flash via CWM.

4. Sebelum melanjutkan menginstal custom room, saya menyarankan kepada anda untuk membuat cadangan room dengan cara membackup nya, untuk melakukan hal tersebut tinggal tekan saja wake up from now.

5. Pada saat akan membackup ROM asli Anda silahkan beri nama supaya nanti anda bisa menemukannya dengan mudah.

6. Pada langkah keenam ini aplikasi Rom Manager akan meminta akses super user maka tekan saja Allow untuk memberikan izin tersebut.

7. Setelah proses backup selesai maka kita pun akan melanjutkan ke sesi berikutnya yakni menginstal custom ROM dengan membuka kembali aplikasi Rom Manager dan tekan instal ROM from SD card.

8. Cari folder di mana tempat anda meletakkan file zip maka anda akan dihadapkan dengan 3 pilihan pop up, centang pada pop-up tersebut pada wipe data and cache dan wipe dalvik lalu tekan oke.

9. Setelah ini ponsel Anda akan ribut dan memulai menginstal custom room. Mungkin hal ini akan memerlukan sedikit waktu, kadang ada yang lama dan kadang-kadang ada pula yang sebentar tergantung jenis custom rom yang anda install.

10. Setelah smartphone melakukan ribut beberapa kali jangan panik karena hal ini wajar pada saat kita menginstal custom ROM. Pada saat ribut yang terakhir akan berasa sedikit lama, namun setelah itu kita akan dihadapkan ke dalam menu utama dari custom rom yang baru saja kita install dan selamat kini Anda telah memiliki custom ROM baru, silahkan untuk mengeksplor keunggulan apa saja yang ada dalam kastem ROM terbaru milik anda tersebut.

Caranya mudah bukan dengan kita memakai aplikasi Rom Manager bukan hanya bisa menginstal custom ROM akan tetapi kita juga dapat membackup ROM asli agar nanti apabila terjadi kesalahan pada smartphone yang kita miliki kita pun bisa mengembalikannya ke dalam kondisi awal.

Semoga ulasan yang saya sampaikan diatas mampu memberikan manfaat kepada anda semua dan jangan lupa untuk berbagi, semakin Anda banyak berbagi maka semakin banyak pula lah orang yang mengetahui akan informasi ini. Terima kasih atas kunjungannya hari ini dan sampai bertemu lagi untuk ulasan review cara-cara menarik gadget Android selanjutnya.

cara menggunakan rom manager, cara mengganti custom rom menggunakan rom manager, cara memakai rom manager, cara menggunakan rom manajer, cara menggunakan room manager, cara memakai rom manager premium, cara menggunakan aplikasi custom rom, aplikasi rom manager yang cocok untuk ace 3, cara mengganti rom dengan rom manager, cara custom rom oppo a37