Cara Sederhana Menghemat Tagihan Listrik Agar Tidak Membengkak

Cara Hemat Tagihan Listrik, Kenaikan tarif dasar listrik banyak dirasakan oleh masyarakat luas diseluruh Indonesia, khususnya golongan menengah kebawah. Kalau sudah demikian, diperlukan adanya penghematan khususnya pada beberapa perangkat elektronik yang sobat pakai dirumah.

Tanpa kita sadari, berbagai alat elektronik tertentu dapat menimbulkan membengkaknya tagihan yang harus kita keluarkan agar daya listrik sobat dapat berjalan optimal. Berikut contoh alat – alat elektonik yang perlu diperhatikan waktu pakainya agar beban biaya tagihannya sedikit ringan.

 

5 Alat Elektronik Penyebab Membengkaknya Tagihan

 

 

Lampu rumah

Banyaknya titik pemasangan peneragan lampu juga bisa menyebabkan semakin banyaknya tagihan yang harus sobat keluarkan. Solusi pertama, matikan lampu penerangan dirumah jika tidak terpakai.

Walaupun terlihat biasa saja, pemasangan lampu rumah meskipun watt rendah sekalipun dapat membuat tagihan membukit. Apalagi lampu yang digunakan cukup banyak untuk menerangi sudut rumah. Solusinya, pilih lampu model terbaru berjenis LED  dengan daya lebih kecil dari lampu rumah konvensional.

Setrika Listrik

Setrika listrik mebutuhkan daya rata-rata 300 watt tiap sekali pemakaian.  Hindari menyetrika terlalu sering, lakukan dengan menyetrika dalam jumlah besar sekaligus, sehingga tagihan listrik bisa terjaga.

Microwave

Menghangatkan makanan pada microwave memang sangat simple dan praktis, bahkan terkadang malas untuk menggunakan kompor. Penggunaan microwave jelas membuat tagihan bengkak, pasalnya microwave membutuhkan daya 800 watt ke atas tiap sekali operasi.

Mesin pompa air elektrik

Pengoperasian mesin air bisa menguras daya listrik paling rendah 600 watt dalam sekali penggunaan. Apalagi, dalam pemakaiannya tanpa menggunakan alat penampung air. Padahal alat tersebut berfungsi menampung air sementara sehingga mengurangi intensitas pompa air menyala dan meminimalisir tagihan.

Penyejuk Ruangan / AC

Perangkat elektronik yang satu ini merupakan alat utama yang bisa menyebabkan tagihan membengkak, terlebih jika dioperasikan dalam waktu lama. Langkah mudah mengatasinya yaiu dengan cara mematikannya jika sobat bepergian keluar rumah dengan waktu lama.

Cara sederhana lainnya adalah memilih penyejuk ruangan berteknologi pintar. Kecanggihan teknologi sampai dengan saat ini, banyak alat pendingin ruangan yang dirancang hemat daya. Penghematan energi tersebut tak lepas dari Teknologi Inverter yang diadopsi.