Cara Ubah microSD Jadi Memori Internal Tanpa Root

Fungsi penyimpanan memori Internal untuk para pengguna ponsel android memiliki peran cukup penting, karena dapat berpengaruh pada performa yang dihasilkan. Bagi sobat yang memiliki smartphone dengan kapasitas memori Internal besar, kemungkinan dukungan microSD untuk tambahan memori Ekternal bisa jadi tidak diperlukan.

Akan tetapi bagi sobat yang kebetulan memiliki ponsel android dengan bekal memori Internal kecil, tentunya bantuan untuk menambah kapasitas memori melalui microSD memiliki peran yang sangat penting didalam smartphone tersebut. Terlebih sobat gemar mendownload aplikasi dan game online dengan daya tampung besar.

 

Cara Ubah microSD Jadi Memori Internal Tanpa Root

 

 

Jika sobat hanya memanfaatkan penyimpanan internal pada smartphone dengan kapasitas kecil, bisa jadi tidak akan leluasa jika ingin menyimpan aplikasi, game, maupun file penting yang lain. Dengan demikia akan muncul peringatan bahwa kapasitas memori di Ponsel sobat penuh yang mengharuskan menghapus salah satu aplikasi.

Sebenarnya tidak banyak juga aplikasi yang dapat disimpan pada memori eksternal, tapi buat sobat pengguna ponsel OS Android v6.0 Marshmallow, tidak perlu khawatir. Karena bisa memanfaatkan microSD menjadi memori internal yang memungkinkan semua aplikasi dan game yang diinstal di Google Play bisa aman tersimpan didalamnya.

Alasan mengapa pemakai ponsel dengan sistem operasi Android v6.0 Marshmallow lebih menguntungkan karena  OS tersebut mengusung fitur Adoptable Storage yang bisa dipakai sebagai memori penyimpanan internal. Metode seperti ini sebelumnya memang sudah pernah diterapkan, tetapi terbilang cukup sulit untuk diimplementasikan.

Walaupun slot microSD memiliki peran penting untuk menambah kapasitas penyimpanan, akan tetapi masing – masing vendor masih enggan menyematkannya. Alasannya, microSD bisa memperlambat kinerja smartphone yang bisa menyebabkan kurang stabilnya user experience.

Bika kartu SD yang sobat pakai memiliki kualitas baik, berikut cara merubah microSD menjadi penyimpanan Internal pada smartphone android dengan OS Android Marsmallow.

 

  • Bilah didalam kartu microSD pada ponsel yang sobat pakai masih tersimpan file dan data, sebaiknya lakukan backup data terlebih dahulu.
  • Jika sudah dilakukan, lalu masukkan kartu SD ke dalam smartphone.
  • Setelah kartu SD terbaca, silahkan buka menu Setting
  • Selanjutnya gulirkan ke bawah dan pilih Storage
  • Kemudian silahkan pilih kartu microSD, lalu tap titik tiga yang ada di pojok kanan atas. Jika sudah pilih Storage Setting
  • Setelah itu pilih Format as internal

  • Lalu pada layar smartphone akan muncul konfirmasi format memori, disini silahkan pilih Erase & Format. Jika muncul pop up pilih saja OK

Jika sudah menjadikan kartu SD sebagai memori internal, maka itu artinya tidak bisa sembarangan mencopot kartu microSD pada smartphone. Harus melalui prosedur jika kamu ingin membatalkannya, bila tidak maka media penyimapanan besar kemungkinan akan mengalami kerusakan.

Apabilah sobat ingin membatalkan penggunaan kartu microSD untuk penyimpanan memori Internal. Langkah pertama yang bisa dilakukan yaitu masuk pada menu Setiings > Storage & USB, lalu tap pilihan microSD. Selanjutnya pilih titik tiga yang berada di pojok kanan atas, pilih Format as portable.

 

samsung gak bisa adoptable storage