Huawei Berencana Membuat Maps sendiri

Huawei Berencana Membuat Maps sendiri



Jakarta - Perang dagang antara China dan Amerika Serikat semakin memanas sampai - sampai mendorong Huawei membuat berbagai macam inovasi dan perubahan untuk bisa memenuhi kebutuhan para pengguna, termasuk di antaranya aplikasi peta. Apa bisa menyaingi Google Maps? Raksasa telekomunikasi asal China itu baru saja mengumumkan bahwa mereka sedang mengembangkan sebuah layanan map yang diberi nama 'Map Kit'. Layanan tersebut rencananya akan diluncurkan kepada publik di bulan Oktober 2019 mendatang.

Dikutip dari Live Mint, Map Kit akan terhubung dengan layanan map lokal dan tersedia di 150 negara dan bagian. untuk layanan ini yang menarik Huawei bermitra dengan situs web agregator travel Booking Holdings dari Amerika. "Huawei Map Kit terdapat dalam 40 bahasa. Dan akan menawarkan kondisi lalu lintas secara real-time serta sistem navigasi yang sangat mutakhir yang dapat mengenali jalan penggantian mobil. Ini juga akan mendukung pemetaan augmented-reality," ujar Zhang Pingan,selaku Pimpinan di bagian Huawei Consumer Business Group's President of Cloud Service dalam sebuah wawancara.

Menciptakan sebuah map bukanlah hal yang mudah, apalagi dengan kesuksesan  seperti Google dengan layanan Maps-nya yang diluncurkan pada tahun 2005. Google merasa tetap perlu membeli Waze ( sebuah software dengan layanan navigasi GPS ) dengan harga mendekati satu miliar dolar pada tahun 2013 untuk meningkatkan jaringan. Di sisi lain, ada satu tempat yang sulit di navigasi oleh Google. China sebagai rumah dan asal Huawei. China mewajibkan perusahaan untuk mendapat otorisasi khusus dari departemen administrasi untuk survei wilayah dan pemetaan di bawah Dewan Negara.

Hal ini tentunya bukanlah hal yang mudah untuk didapatkan perusahaan asing, apalagi dari negara Amerika Serikat seperti Google. Ini adalah salah satu alasan mengapa pihak Google Maps tidak pernah bisa untuk menampilkan peta kota di China di wilayah mana pun dengan tingkat akurasi yang baik. Mampukah Huawei menandingi layanan maps buatan google? Karena dilihat dari popularitas dan teknologinya mungkin akan sulit bagi Huawei untuk menyaingi bahkan mengalahkan Google Maps.

Sumber : Tekno Tempo

Posting Komentar

Berikan Komentar yang bermanfaat ya Sob

[blogger][facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.