5 Tips Memilih Laptop Sesuai Kebutuhan

5 Tips Memilih Laptop Sesuai Kebutuhan

Memilih laptop adalah bisa dibilang susah-susah gampang. Sebenarnya mudah ketika kita sudah memiliki gambaran mengenai laptop yang ingin kita beli. Tidak jarang penyebab kebingungan dalam memilih laptop adalah disebabkan kita tidak memiliki gambaran dan panduan mengenai laptop apa yang kita butuhkan. Maka ketika sampai di toko dan ditawari berbagai macam model dan merk tentu kita akan kebingungan dalam menentukan pilihan.
 

Memilih Laptop yang Sesuai Kebutuhan
 

Maka penting sekali untuk menentukan jenis laptop apa yang kita butuhkan sebelum berangkat ke toko. Bahkan penting juga untuk mengetahui pasaran harga dari laptop yang kita inginkan. Supaya ketika mendapatkan tawaran, kita tahu kisaran harganya sehingga terhindar dari permainan harga oleh penjual. Nah berikut sudah disediakan uraian singkat yang dapat kamu terapkan untuk memetakan laptop yang sesuai dengan kebutuhanmu :
 

1. Tentukan Kebutuhan Laptop
Hal pertama yang harus kamu tentukan sebelum membeli laptop adalah kegunaan dari laptop itu sendiri. Secara garis besar penggunaan laptop terbagi menjadi tiga jenis yaitu untuk multimedia, grafis, dan juga gaming. Untuk multimedia ini merupakan jenis penggunaan yang paling ringan. Biasanya digunakan untuk word, excel, dan tugas kantor ataupun kuliah lainnya.

Sedangkan untuk laptop grafis biasanya digunakan untuk desain, editor, dan berbagai kegiatan lainnya yang membutuhkan performa dan monitor yang mumpuni. Dan yang terakhir adalah laptop gaming yang tentu saja semua komponennya harus diatas laptop standar karena digunakan untuk menjalankan program yang berat dalam jangka waktu yang lama.

2. Jenis Laptop (Hybrid atau konvensional)Sekarang sudah banyak tersedia laptop 2 in 1 yaitu gabungan laptop dengan tablet. Jika kamu membutuhkan laptop yang praktis dan mudah dibawa ke berbagai tempat kamu bisa memilih yang hybrid. Namun jika kamu membutuhkan yang memiliki performa tinggi pilihlah yang konvensional karena laptop hybrid biasanya memiliki keterbatasan dalam daya tahan baterai.

3. Spesifikasi Laptopa. Processor
Processor adalah otak atau inti dari laptop yang akan menjalankan seluruh program. Dua brand processor yang terkenal adalah intel core dan AMD. Untuk intel core kamu bisa memilih seri minimal intel core i5. Sedangkan untuk AMD kamu bisa memilih paling tidak A8. Kedua jenis tersebut sudah sangat canggih untuk melakukan beberapa pekerjaan yang cukup berat.

b. RAM
Hal selanjutnya yang harus kamu pertimbangkan adalah RAM. Semakin besar yang dimiliki oleh laptop, maka kemampuan dalam memproses, mengoperasikan, dan multitasking program akan semakin cepat. Tersedia banyak pilihan RAM mulai dari 2GB, 4GB, 6GB, 8GB, bahkan ada yang lebih dari 32GB. Semakin berat pekerjaanmu, maka kebutuhan akan RAM juga semakin besar.

c. GPU
Terutama jika kamu membutuhkan laptop untuk desain grafis. Untuk GPU yang terbaik ada NVIDIA GeForce dan kedua AMD Radeon. Masing-masing GPU ini memiliki ciri khasnya sendiri. Biasanya, NVIDIA GeForce lebih handal dalam hal berbau pengolahan foto dan video, serta gaming.Grafik dari AMD Radeon akan kalah, jika harus berurusan dengan kebutuhan edit video, tapi masih seimbang dalam dunia gaming.

d. Penyimpanan
Kini muncul jenis penyimpanan yang baru yaitu SSD yang merupakan pengembangan dari HDD. Jika kamu membutuhkan laptop dengan performa tinggi maka pilihlah memory jenis SSD karena prosesnya lebih cepat walaupun lebih mahal dari HDD.





Baca Juga : Google Pixel dan Essensial Yang Pertama

4. Ukuran Layar
Terdapat beberapa ukuran layar laptop yang dapat kamu pilih. Ukuran layar 11-12 inch cocok dibawa bepergian ke berbagai tempat. 13-14 inch jauh lebih besar namun masih mudah untuk menjadi laptop portable. Terdapat juga ukuran 15 inch yang sering digunakan oleh guru maupun mahasiswa. Sedangkan untuk ukuran 17-18 inch biasa digunakan oleh editor atau gamers.

5. Garansi dan Service Center
Setelah menentukan spesifikasi, maka tentukan merk. Dan tentu saja kamu harus mengetahui garansi yang diberikan beserta service center yang tersedia. Service center sangat berfungsi manakala laptop mengalami permasalahan atau kerusakan.


Demikian beberapa tips dalam memilih komputer. Masih ada tips terpenting yaitu mempertimbangkan harga. Semakin tinggi spesifikasi laptop maka harga yang dipatok juga semakin tinggi. Pertimbangkan beberapa hal sebelum membeli supaya laptop yang kamu pilih sesuai dengan kebutuhan.

Memilih laptop adalah bisa dibilang susah-susah gampang. Sebenarnya mudah ketika kita sudah memiliki gambaran mengenai laptop yang ingin kita beli. Tidak jarang penyebab kebingungan dalam memilih laptop adalah disebabkan kita tidak memiliki gambaran dan panduan mengenai laptop apa yang kita butuhkan

Posting Komentar

Berikan Komentar yang bermanfaat ya Sob

[blogger][facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.