Terlalu Sering Main Gadget? Lakukan Tips ini untuk Mencegah Sakit Mata

Terlalu Sering Main Gadget? Lakukan Tips ini untuk Mencegah Sakit Mata


Di zaman milenial sekarang ini yang serba canggih orang-orang tidak asing lagi tentang teknologi gadget karena hampir semua orang mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa, hingga orang tua mengenal produk teknologi ini. Yang paling banyak dipakai semua orang yaitu gadget dan laptop, jaman sekarang semuanya butuh smartphone untuk saling menghubungi dan memberi pesan, bahkan mencari dan melamar pekerjaan pun sekarang sudah melalui smartphone.

Tidak hanya itu saja, hampir semua pekerjaan butuh smartphone, mendaftar sekolah pun juga melalui smartphone. Oleh karena itu barang kecil yang satu ini pasti tidak pernah lepas dari genggaman semua orang. Apalagi dengan canggihnya teknologi sekarang ini banyak sekali sosmed-sosmed seperti Whatsapp, Facebook, Twitter, Line, Instagram yang pastinya punya dampak baik dan buruk bagi semua orang.

Agar Kesehatan Mata Tetap Terjaga

Nah karena hampir tiap saat kamu bermain gadget, entah untuk chatting, bermain sosmed ataupun sekedar bermain game saja maka kemungkinan besar bisa menyebabkan sakit mata atau perih akibat terlalu lama menatap layar smartphone. Nah berikut adalah tips mencegah sakit mata akibat terlalu lama bermain gadget.

1. Istirahatkan mata sejenak
Tidak hanya tubuh yang butuh istirahat namun mata pun butuh istirahat, bagaimana cara mengistirahatkan mata? Nah caranya yaitu berhentilah menatap layar ponselmu setelah 20 menit dan selama minimal 20 detik, setelah itu lihatlah apapun sejauh 3 meter. Hal tersebut agar mengendurkan otot-otot mata yang hanya menatap layar ponsel dan mengistirahatkan kerja mata.

Baca Juga :

2. Lebih sering berkedip
Ketika kamu sedang asyik bermain gadget maka tingkat kedipan mata pun akan menurun karena mata kamu digunakan untuk fokus pada satu titik. Hal tersebut dapat menyebabkan air mata di permukaan menjadi kering dan membuat iritasi serta mata perih bahkan sampai penglihatan menjadi buram. Nah caranya yaitu berkediplah minimal 10 kali dalam 20 menit supaya mata menjadi lembab dan tidak iritasi.


3. Beri jarak antara mata dan ponsel
Sebagian besar semua orang melihat ponsel mereka 20 sentimeter lebih dekat dengan mata agar terlihat jelas dan nyaman, namun hal tersebut justru tidak baik untuk mata karena cahaya layar langsung terpapar ke mata. Oleh karena itu beri jarak antara mata dan ponsel minimal 30 sentimeter dari mata, mungkin pertama kali akan terasa aneh namun lama-lama akan terbiasa.

4. Matikan ponsel sebelum tidur
Saat sebelum tidur jangan lupa untuk mematikan ponsel kamu karena cahaya biru dari ponsel dapat mempengaruhi tidur dengan menekan hormon melatonin. Hormon ini berperan dalam pengaturan siklus tidur, jadi jika hormon ini terganggu akan menyebabkan insomnia atau tidur tidak nyenyak, dan lain-lain. Jadi sebaiknya matikan ponselmu minimal 30 menit sebelum kamu tidur.

Baca Juga : Dampak Negatif Bermain Game Online

5. Atur kecerahan dan kontras layar
Selain itu cara untuk melindungi mata dari cahaya ponsel yaitu dengan mengatur kecerahan dan kontras layar. Atur kecerahan dan kontras sesuai dengan kenyamanan mata melihatnya, apabila kecerahan layar terlalu tinggi atau terlalu rendah akan membuat mata menjadi tegang.

6. Percikkan mata dengan air
Memang di sisi lain kecanggihan teknologi inilah yang semakin membuat orang-orang asyik dengan dunia mereka sendiri, asyik dengan ponsel masing-masing sampai lupa menjaga kesehatan mata. Agar mata tidak kering maka kamu bisa percikkan air ke area mata agar tidak terjadi iritasi dan mengurangi kekeringan di mata. Dengan memercikkan air bisa membuat mata menjadi fokus kembali dan membantu penglihatan yang kabur.

Demikianlah 6 tips yang dapat kamu terapkan agar kesehatan mata tetap terjaga meski kamu harus berlama-lama di depan gadget. Kendati bisa dilakukan pencegahan, upayakan untuk membatasi penggunaan gadget secara berlebihan ya! Benar adanya teknologi ini memudahkan aktivitas sehari-hari, akan tetapi jangan sampai waktu kita habis hanya karena tidak bisa jauh-jauh dari gadget.


Di zaman milenial sekarang ini yang serba canggih orang-orang tidak asing lagi tentang teknologi gadget karena hampir semua orang mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa, hingga orang tua mengenal produk teknologi ini

Posting Komentar

Berikan Komentar yang bermanfaat ya Sob

[blogger][facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.