Batasi Penggunaan Gadget untuk "Diet Gadget"

"Diet Gadget" Kurangi Kecanduan Smartphone


Jika anak telanjur kecanduan gadget dan benar-benar tak bisa lepas dari perangkat elektronik, orang tua dianjurkan untuk melakukan 'diet gadget'. Ini dilakukan supaya anak bisa terlepas dari kebiasaan bermain gadget.

Menurut psikolog Annelia Sari Sani, MPsi, kecanduan gadget pada anak berbeda-beda variasnya, namun yang paling parah anak bisa sampai benar-benar mengamuk saat tak ada gadget. Selain bermain gadget, ia tidak mau melakukan aktivitas lainnya. Jika sudah demikian, orang tua tidak boleh tinggal diam.

"Sudah parah banget kalau si anak sampai tidak tahu mau ngapain kalau tidak ada gadget. Jadi diambil dulu saja gadgetnya, dia pasti akan mengamuk mungkin bahkan sampai dua minggu, tapi tidak apa-apa, harus sabar orang tuanya," ujar Annelia.
Selama periode tersebut, anak perlu dikenalkan dengan aktivitas bermain yang melibatkan fisik. Ajaklah anak bermain di luar rumah alias outdoor. Dengan begitu, anak lama-lama akan belajar bahwa permainan fisik itu juga tak kalah menarik dibandingkan permainan elektronik.

"Lalu jika anak biasanya main gadget sampai 8 jam sehari, dietnya ya kurangi sedikit-sedikit jam mainnya, 6 jam lalu 4 jam, sampai akhirnya bisa jadi 2 jam saja maksimal per harinya," imbuh Annelia.

Yang pasti, psikolog yang juga praktik di RSAB Harapan Kita ini menyebutkan bahwa sebenarnya gadget juga memiliki manfaat, selama orang tua bisa mengatur dan mengarahkan secara tepat. Salah satu manfaat positif tersebut adalah anak jadi lebih terbiasa memilih-milih informasi yang didapat. Dengan main game, anak juga dilatih mengambil keputusan lebih cepat. 


Baca Juga : Sering Lihat Smartphone Kenali Cirinya
"Iya yang pasti jangan sampai dia benar-benar buta gadget dan tidak pernah dikenalkan dengan internet, takutnya nanti dia malah dibodohi teman-temannya karena tidak tahu pemakaiannya. Mau tidak mau anak juga harus paham perkembangan teknologi, karena saat ini dunia berkembangnya ke arah sana. Tapi ya itu, tetap ada aturannya," tegas Annelia.

Ada beberapa tips untuk mengurangi ketergantungan gadget, yaitu :
1. Buat niat dan komitmen yang kuat kepada anak
2. Tentukan berapa lama atau batasi penggunaan gadgetnya
3. Matikan dan jauhkan gadget
4. Imbangi bermain dengan fisik atau penalaran

Untuk itu kita sebagai orang tua, harus benar-benar mengawasi penggunaan dan pemakaian gadget untuk anak sesuai dengan umur mereka.


kecanduan gadget pada anak berbeda-beda variasnya, namun yang paling parah anak bisa sampai benar-benar mengamuk saat tak ada gadget. Selain bermain gadget, ia tidak mau melakukan aktivitas lainnya

Posting Komentar

Berikan Komentar yang bermanfaat ya Sob

[blogger][facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.